boneka_Luthu

Selamat datang ia di blog akku. Disini selain kamu  dapat melihat informasi tentang sejarah boneka kamu juga dapat melihat info” menarik lainnya…


So, gabung yUu… ^_^


Kalo lo mo ngasih boneka ke cewe (atau mo ngasih ke cowo lo?), sebaiknya lo tau makna apa aja yang ada di balik boneka itu. Artikel ini akan ngasih lo info soal arti dari beberapa boneka dalam bentuk binatang.

1. Boneka beruang:
Kalo lo pada gak tau, ya… Beruang itu adalah binatang liar yang amat sangat penyayang. Kado boneka beruang ini cocok banget buat para pasangan yang sering banget berantem. Kenapa? Karena setiap tahun, beruang tuh pasti berhibernasi, tapi setelah tidur panjangnya, dia akan beraktifitas lebih baik dari sebelumnya. Begitu juga buat pasangan yang sering banget berantem, harusnya kalian juga ngambil jarak dulu setelah berantem, supaya pikiran bisa jernih dan bisa ngambil keputusan selanjutnya dengan bijak… Jadi kalo diibaratin, boneka beruang itu berarti: GIVE ME MORE TIME, HONEY!!!

2. Boneka landak:
Ini bagus dikasih buat pasangan yang ga direstuin ma orang tua masing-masing. Tau kan kalo landak itu punya banyak duri di punggungnya? Duri itu bukan gak ada gunanya, tapi itu buat pertahanan diri si landak itu. Tapi tau gak sih kalo ternyata duri itu juga ditujuakan buat ngelindungin pasangan si landak itu? AAwwwww.. So sweet!!! Jadi makna di balik boneka landak adalah: I’LL PROTECT YOU ALWAYS, SWEETHEART!!!

3. Boneka anjing:
Boneka anjing pas banget buat nembak cewe/cowo. Karena anjing itu kan setia banget, jadi kalo kalian ngasih boneka anjing buat nembak seseorang, itu NUNJUKIN KESERIUSAN KALIAN DAN KALIAN JUGA MENJANJIKAN BUAT SELALU SETIA sama cewe/cowo itu…

Pernah membayangkan duduk di atas jamur?
Ini bukan masalah tempat duduknya yang berjamur, namun tempat duduknya sendiri yang dibuat menyerupai jamur.

Sanrio Hello Kitty as Petit Kawaii Mushroom Chair, adalah nama produknya. Produk yang sebenarnya merupakan bantal duduk ini didesain dengan karakter Hello Kitty, yang bentuknya dibuat seperti jamur payung (mushroom). Produk ini sangat nyaman untuk digunakan sebagai bantal duduk, karena sudah disesuaikan dengan posisi duduk orang Jepang (yang sering menggunakan bantal duduk).
Namun, selain digunakan sebagai bantal duduk, produk ini juga bisa digunakan sebagai ganti boneka, karena bentuknya yang unik dan lucu. Apalagi dengan tampilan wajah Hello Kitty, membuat semakin menggemaskan…

Sebuah perusahaan Turki memulai pemasaran boneka baru mereka untuk anak-anak Muslim di Jerman, keunikan dari boneka anak-anak ini selain memakai jilbab, boneka ini juga bisa membaca beberapa ayat Al Qur’an, serta mampu menjelaskan beberapa arti tanda-tanda, dan tentu saja bisa berbicara dan bernyanyi, tertawa dan menangis layaknya boneka-boneka yang banyak beredar.

Boneka ini diberi nama “Amina”, dan menurut laporan dari radio berita Jerman “Deutsche Welle” pada Kamis 4/3/2010, boneka “Amina” dapat diterima dikalangan anak-anak Muslim dan orangtua mereka, bahkan beberapa non Muslim Jerman pun ikut memesan boneka ini.

Radio Jerman mengatakan di situsnya bahwa perusahaan Turki yang tidak disebutkan namanya, baru-baru ini memperkenalkan sebuah model dari boneka mainan anak-anak yang Islami, yang diberi nama “Amina” dan mereka mulai menjual produknya tersebut di pasaran Jerman.

Sebelumnya Turki juga pernah membuat boneka untuk anak-anak Muslim bernama “Rozana” pada tahun 2003, sebagai alternatif dari boneka populer Amerika “Barbie”, boneka “Rozana” sebagai mainan alternatif untuk anak-anak Muslim, berjilbab rapi, namun ada kelebihan lain yang dimiliki oleh boneka “Amina” yang tidak dimiliki oleh “Rozana”, boneka Amina akan melantunkan beberapa ayat Quran dengan cara menekannya, selain bisa melantunkan beberapa ayat Quran, Amina juga dapat memperkenalkan diri dengan mengatakan, “Nama saya Amina dan saya seorang Muslim.”

Boneka Amina tidak hanya bisa melantunkan ayat Al-Quran, namun juga bisa membantu anak-anak untuk membaca ayat-ayat Al-Quran dengan benar, dan menjelaskan makna dan tujuan dari beberapa tanda dalam bahasa Inggris.

Boneka Amina berkerudung sulam berwarna ungu,dengan pola bunga yang menutupi rambut hitamnya, dan Amina tingginya sekitar 25 cm.

Menurut Hassan Muslam, salah seorang pemilik toko grosir Turki di kota Krefeld Jerman, boneka Amina sukses besar di pasaran Jerman, ia menyatakan bahwa permintaan terhadap boneka Amina sangat tinggi di Jerman, stok barangnya sangat cepat habis dan ia terpaksa meminta stok barang lebih banyak lagi dari distributor boneka Amina.

Namun boneka Amina tidak mendapat sambutan yang sama untuk semua orang, sebagian orang tua non Muslim Jerman menyatakan keberatan mereka terhadap hadirnya boneka Amina, dan mereka menganggap bahwa masalah keyakinan agama adalah masalah pribadi dan tidak seharusnya mendapat tempat di kalangan anak-anak, sementara sebagian warga Jerman lain mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang apa yang mereka sebut sebagai ‘memanipulasi kepolosan anak-anak, dan mempengaruhi mereka melalui sarana boneka.

Boneka-boneka untuk Mendongeng

SP/Arnold H SianturiErika dengan boneka dongeng jari.

Banyak cara untuk mendidik anak. Ada yang mewujudkannya dengan memberikan banyak nasihat, terutama menyampaikan gambaran arti kebaikan, ada pula yang memberikan buku bacaan. Orangtua beralasan, dengan banyak membaca, si anak menjadi pintar. Namun, melalui cara seperti itu bukan berarti mental si anak langsung dapat dibentuk.

Berawal dari kebutuhan untuk memenuhi permintaan anak yang gemar mendengar cerita atau dongeng sebelum tidur, Yoshimi Homi mengembangkan hobinya membuat boneka sarung tangan. Boneka dongeng sarung tangan ia anggap salah satu alternatif penyampaian pesan yang baik. Selain dapat digunakan sebagai mainan, benda mainan itu juga dapat dijadikan alat untuk mendidik anak, tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli boneka Barbie, beruang besar, ataupun boneka panda. Membuat sendiri boneka dongeng sarung tangan pun bisa dilakukan siapa saja tanpa mengeluarkan dana.

“Bahan pembuatan boneka ini bisa dari kain apa saja. Bahkan, pakaian yang sudah usang juga dapat dimanfaatkan. Pembuatannya tak begitu susah, dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan dana,” ujar Yoshimi Homi kepada SP.

Yoshimi Homi adalah warga negara Jepang, yang membagi pengalamannya membuat boneka sarung tangan dalam acara Festival Bercerita ASEAN dan Seminar Cerita Rakyat ASEAN yang diselenggarakan Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA) di Bentara Budaya Jakarta, 31 Juli – 4 Agustus yang lalu. Ia tampil dalam Program Anak, dalam acara yang digelar untuk memperingati 20 Tahun KPBA Berkarya itu.

Ia menyampaikan, seorang ibu tidak perlu mengeluarkan dana membuat boneka sarung tangan asalkan sudah memiliki benang, kain flanel, pita, lem, gunting, kapas. Kalaupun tak ada kain flanel, pakaian usang yang tidak digunakan lagi pun bisa dipakai.

Kancing baju dapat dijadikan manik-manik. Kain dipotong-potong membentuk sarung tangan, kemudian dijahit. Sepasang sarung tangan yang sudah jadi itu, dapat diubah sendiri sesuai kemauan. Dua kantong, telunjuk ataupun jari tengah, misalnya, dapat diikat untuk dijadikan bentuk boneka panda.

“Bila sudah terasa membosankan, cara lain yang tidak kalah menarik adalah dengan menggunting potongan kain sekecil mungkin. Potongan kecil kain berwarna putih dapat dijadikan mata, dengan disisipi kain hitam. Potongan kain segitiga berukuran sama, dapat dijadikan paruh burung dengan cara direkatkan di setiap sepuluh jari tangan,” katanya.

Yoshimi Homi sudah lima tahun menggeluti pembuatan boneka sarung tangan. Pekerjaan itu ia lakukan sejak masuk sebagai peserta KPBA. Inspirasi itu ia dapat dari seorang temannya di Jepang, yang mengirimkan cara pembuatan boneka sarung tangan lewat e-mail, lengkap dengan contoh gambar.

“Awalnya memang lumayan sulit. Namun, setelah saya tekuni lebih mendalam, ternyata tidak susah. Waktu pembuatan juga tidak lama. Begitu simpel, dan banyak bermanfaat untuk semua orang, terutama bagi kalangan ibu yang mempunyai anak. Upaya ini sangat praktis,” kata wanita kelahiran Jepang, 3 Januari 1958 itu.

Setiap jari di sarung tangan, menurut Yoshimi, dapat dijadikan tokoh apa saja, seperti kepala beruang, singa, monyet, burung, bahkan kepala manusia. Yang perlu dilakukan hanya tinggal menempelkan bentuk mata. Setelah itu, benda mainan itu dapat dimainkan, tinggal menyesuaikan suara dengan karakter atau sosok tokoh di jari tangan.

“Manfaat boneka ini sangat banyak. Saya mau mengikuti program belajar pembuatan ini karena anak-anak senang dibacakan dongeng sebelum tidur. Boneka itu merupakan ‘profesor’ sejati, bisa membuat anak menjadi percaya diri, bertambah pintar, dan bahkan menyadari apa itu etika ataupun budi pekerti,” ujar Meryam Aryanto.

Warga Bumi Serpong Damai (BSD) berusia 41 tahun itu mengikuti program belajar membuat boneka sarung tangan karena dua anaknya punya sifat ingin serbatahu setiap melihat benda unik. Kesempatan belajar tersebut ia sambar agar punya bekal saat membawakan dongeng pengantar tidur bagi anak-anaknya.

Boneka Jari

Bila Yoshimi Homi membuat boneka dongeng sarung tangan, Erikawati, kelahiran 2 Mei 1969, mahir membuat boneka tunggal yang dimainkan dengan cara memanfaatkan setiap jari tangan. Erika, juga anggota KPBA, menyebutnya boneka dongeng jari.

Bahan untuk membuat boneka jari itu pun mudah diperoleh, hanya terdiri dari kain perca, kapas, benang, lem, jarum sulam, dan bahan ringan lainnya.

Bentuknya berbeda dengan boneka sarung tangan. Erika membuat kepala setiap sosok tokoh yang ia inginkan.

Pembuatannya, sama dengan boneka sarung tangan, tidak sulit. Erika menggunting kain perca sebagai bahan utama dengan potongan kecil sesuai pola. Potongan-potongan kecil tadi dijahit dan disambungkan satu dengan lain, diisi dengan kapas, membentuk kepala sosok yang diinginkan, dan dapat dimasukkan sesuai ukuran jari.

Pernak-pernik lain dapat dijadikan mata, hidung, ataupun mulut. Sementara itu, untuk pembuatan telinga, juga harus memanfaatkan kain perca lain yang dijahit kembali.

Erika bisa membuat boneka jari menyerupai kepala hewan apa saja, seperti gajah, anjing, kucing, panda, dan domba. Membuat boneka kepala manusia, juga biasa ia lakukan.

“Meski bentuknya kecil, boneka kepala manusia ini mempunyai ciri tersendiri. Mudah dikenal dan gampang memainkannya. Boneka ini bisa digunakan para ibu pada saat santai, sambil memainkan jari mendongeng kepada anaknya. Cara ini lebih efisien mengajarkan anak agar lebih kreatif dan terdidik,” katanya. [SP/Arnold H Sianturi]

Setiap rumah yang ada anak-anak pasti punya paling tidak satu boneka binatang. Mereka biasanya duduk di tempat tidur atau rak buku, bisa juga bersembunyi dibawah mebel dan di belakang sofa, dan anak-anak suka menyeret mereka kemana-mana dengan menarik kupingnya. Jadinya boneka tersebut bisa kotor dan berdebu. Kadang-kadang boneka tersebut harus dimandikan, cuma banyak orang ragu-ragu. Gimana caranya mencuci boneka tanpa merusaknya? Berikut beberapa tips supaya boneka tersebut selalu bersih.

Jika bonekanya berdebu, anda hanya perlu menyekanya. Ambil kain lap yang dibasahi air hangat, lalu seka semua bagian boneka sampai semua debu hilang. Setelah bonekanya dibersihkan, sisir menggunakan sisir rambut anda yang tak terpakai. Anda juga bisa menggunakan selang kecil di vacuum cleaner untuk membersihkan debunya. Menggunakan lint roller atau selotip juga bisa.

Beberapa boneka cth Boneka Hello Kitty, Boneka Doraemon, Boneka Winnie The Pooh juga bisa dicuci di mesin cuci. Perhatikan label pada boneka, apakah ada petunjuk untuk dicuci. Periksa bonekanya akan robekan pada setiap lipatan, kalau ada akan lebih baik jika anda melakukan operasi kecil untuk menjahit sobekan tersebut supaya tidak makin parah ketika dicuci. Anda juga sebaiknya memeriksa noda pada boneka. Jika ada noda, taruh sedikit deterjen pada noda dan biarkan beberapa saat sebelum dicuci.

Nah kalau anda sudah siap memandikan si boneka (cth Boneka Hello Kitty, Boneka Doraemon, Boneka Winnie The Pooh), taruh bonekanya di dalam sarung bantal dan anda boleh mencucinya bersama cucian anda yang lainnya. Sebaiknya anda menggunakan putaran paling pelan di mesin cuci anda dan berikan deterjen yang lembut. Sesudah selesai dan dikeluarkan dari mesin cuci, anda bisa menyisirnya.

Jangan cuci boneka klik Boneka Lucu, Jual Boneka anda di mesin cuci jika bonekanya sudah cukup tua atau sangat lembut. Taruh di dalam tas kertas dan taruh baking soda, kemudian guncang-guncangkan tas tersebut sampai baking sodanya menempel rata di bonekanya. Biarkan baking sodanya menempel sekitar setengah jam dan kemudian bersihkan menggunakan handuk. Ini juga cara yang bagus untuk membersihkan boneka yang terlalu besar untuk dimasukkan ke mesin cuci.

Membersihkan boneka lucu dan (klik Jual Boneka) di mesin pengering belum tentu ide yang bagus. Jika bonekanya berisi bahan yang dapat menyusut atau berubah bentuknya ketika dikeringkan, sebaiknya anda menjemurnya seperti pakaian, tapi ingat jangan kena sinar matahari yang panas karena warnanya bisa pudar. Ada pilihan lainnya yaitu taruh boneka anda di sebelah alat penghilang lembab jika anda memilikinya. Hal ini bisa memakan waktu berhari-hari, tapi anda tidak perlu khawatir bonekanya akan rusak.

Temukan informasi mengenai Boneka Hello Kitty, Boneka Doraemon, Boneka Winnie The Pooh, Boneka Lucu, Jual Boneka dan Boneka Hello Kitty & Doraemon: Jual Boneka Lucu – Winnie The Pooh Jakarta pada 88d.com

Musha

Merupakan boneka prajurit yang biasanya terbuat dari bahan yang mirip dengan boneka Hina, tetapi dengan konstruksi yang lebih kompleks, karena mewakili laki-laki (atau perempuan) yang duduk di kursi, berdiri, atau menunggangi kuda. Baju baja, helm, dan senjatanya terbuat dari kertas yang dipernis, biasanya dengan aksen logam. Tidak ada set yang spesifik untuk boneka ini, bisa terdiri dari Kaisar Jimmu, Permaisuri Jingu dengan perdana menteri Takenouchi yang membawa putra kaisar yang baru lahir, Shoki si Penumpas Setan, Toyotomi Hideyoshi dan jenderalnya serta tea-master, dan juga figur dari cerita dongeng, seperti Momotaro, Anak Buah Persik atau Kintaro, Anak Emas.

Ichimatsu

Daruma
Daruma

Daruma

Boneka Daruma yang dikenal dengan boneka Dharma menggambarkan pendeta Bodhidharma yang menegakkan dan menjadi patriarki pertama Zen sekitar 1500 tahun lalu. Boneka Daruma ini berbentuk seperti bola dengan badan berwarna merah (yang paling umum) kuning, hijau, atau puti dan berwajah putih tanpa biji mata. Boneka ini mempunyai kumis dan jambang dengan mata berwarna putih saja. Boneka Daruma merupakan ajimat untuk membawa keberuntungan dan ketabahan untuk meraih tujuan yang dicita-citakan. Dilukiskan pada sebelah mata kanan ketika membuat cita-cita atau harapan, dan sebelah kiri ketika cita-cita tersebut terpenuhi. Harapan ini bisa dibuat sepanjang tahun, tetapi umumnya di Jepang dilakukan ketika Tahun Baru.

Banyak boneka Daruma yang berupa boneka Daruma laki-laki tetapi ada juga boneka Daruma perempuan, yang biasa disebut Ehime Daruma atau Putri Daruma.
Ichimatsu

Ichimatsu

Boneka Ichimatsu mewakili anak laki-laki atau perempuan yang besarnya proporsional dan dilapisi sewarna dengan warna kulit dan sepasang mata kaca. Awal mulanya Ichimatsu diberi nama oleh seorang aktor Kabuki setelah abad 18, dan mewakili bentuk manusia dewasa, tetapi sejak akhir abad 19 istilah ini diberikan ke boneka anak-anak. Boneka anak kecil dengan ekspresi nakal merupakan yang paling populer di akhir abad 19 dan di awal abad 20, tapi pada tahun 1927 Pertukaran Boneka Persahabatan dilibatkan dalam pembuatan 58 boneka anak perempuan 32″ yang mengagumkan, untuk diberikan sebagai hadian dari anak-anak di Jepang ke anak-anak di Amerika Sertika, dan estetika dari boneka yang mengagumkan ini mempengaruhi para pembuat boneka untuk membuat tipe anak perempuan yang anggun, ramah, lembut dengan balutan kimono.

Hakata Ningyo
Hakata

Hakata

Hakata Ningyo (博多人形) adalah boneka tradisional Jepang yang terbuat dari tanah liat, yang berasal dari kota Fukuoka, yang sebelumnya bernama Hakata sebelum kota ini digabungkan pada tahun 1889. Boneka Hakata ini diperkirakan berasal dari abad ke 17. Pembuat gerabah termasuk Souhiti Masaki membuat boneka tanah liat, yang biasanya diberikan sebagai hadiah untuk kuil Buddha dan untuk Kuroda Nagamasa, yang saat itu berkuasa atas kota Hakata. Boneka-boneka ini disebut juga Hakata Suyaki Ningyō (“博多素焼人形”, “Hakata unglazed doll”). Hakata juga mempunyai beberapa festival terkenal yaitu Hakata Gion Yamakasa, yang juga melibatkan pengapung Ningyo. Pengapung ini terbuat dari kayu, tapi dipercayai bahwa metode pembuatan pengapung ini dipengaruhi oleh boneka Hakata. Tetapi bukti arkeologis selama penggalian Hakata, termasuk mainan sederhana dari tanah liat/keramik yang dibakar, menunjukkan awal muasalnya boneka Hakata berada di China.

Pada akhir abad 19, boneka Hakata diubah dari bentuk mainan tanah liat/keramik sederhana yang dibakar ke arah hasil karya seni tinggi. Seniman ahli Rokusaburō Shirouzu mulai mempelajari teori warna, proporsi manusia, dan teori serta teknik artistik modern Itusyo Yada, seorang pelukis cat minyak, yang akhirnya menjadikan pembuatan Hakata yang lebih realistis. Sejak saat itu boneka Hakata pun menjadi lebih terkenal dan mendunia.

Gosho Ningyo
Gosho Ningyo

Gosho Ningyo

Gosho Ningyo biasanya merupakan boneka bayi yang gemuk dan bahagia dengan model yang kekanakan. Hiasan yeng meluikiskan helai kain dari gofun dikenakan di kulit putih sempurna boneka ini. Wajah boneka ini dilukis minimalis untuk menangkap esensi polos dari anak-anak. Museum National Kyoto menyatakan bahwa figur putih, bulat, dan chubby ini mungkin dipengaruhi oleh boneka Saga (Saga Ningyo) yang tanpa busana.

Terdapat banyak nama yang berhubungan dengan boneka gosho, seperti “good luck doll”, shira-kiku “white chrysanthemum”, shirajishi-ningyo “white flesh doll”, zudai “large head”, atau izukura ningyo. Istilah “gosho” bisa diartikan “dari Istana Kaisar” karena boneka ini dulunya dibuat oleh pembuat boneka di Kyoto yang diperuntukkan sebagai hadiah dari istana kepada tamu spesialnya. Para penerimanya pun menghargai boneka ini. Para pedagang kemudian mencontoh ritual memberikan hadiah seperti yang dilakukan istana sebagai simbol status. Kemudian praktek pemberian hadiah berupa gosho ningyo sebagai hadiah spesial yang berarti ini pun menyebar ke seluruh Jepang.

FLORENCE – Makeover atau mengubah penampilan secara ekstrem tak hanya dilakukan para model atau selebriti. Barbie, boneka yang terkenal dengan dandanan seksi dan glamomya kini memperkenalkan ikon baru. Barbie dengan model baju Burka, pakaian tertutup hingga hanya tersisa bagian mata, seperti jang biasa dikenakan sebagian muslimah.

Tampilan baru boneka terlaris di dunia tersebut dipajang pada sebuah pameran yang diselenggarakan perusahaan kreator Barbie, Mattel dengan tema pakaian multikultural. Berbagai model Barbie tersebut didesain oleh desainer Italia Eli ana Lorena.

Lebih dari 500 koleksi Barbie dijual pada lelang amal Sotheby di Florence, Italia. Dua diantara yang dipajang mengenakan burka. Barbie lain yang masuk dalam item lelang mengenakan cincin yang didesain oleh perusahaan perhiasan Italia, Bvlgari. Hasil lelang yang merupakan bagian dari ulang tahun ke-50 Barbie tersebut akan disumbangkan untuk program Save The Children.

Kolektor Barbie terbesar asal Inggris Angela Ellis, 35, mengapresiasi tema multikultural di ajang pameran tersebut. “Menurut saya, sangat penting bagi anak-anak dimanapun mereka berada untuk berkesempatan memainkan Barbie dengan tampilan yang mewakili budaya mereka,” ujar perempuan yang mengoleksi lebih dari 250 boneka tersebut, seperti dilansir Daily Telegraph kemarin (15/12).

Barbie, tutur Angela, sempat dicitrakan buruk di kalangan remaja perempuan. Namun, sejak boneka tersebut bisa didesain sesuai keinginan pemiliknya, citranya terus membaik, (cak/ami)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.